29 Juni 2010

Momentum Agustusan Gebyarkan Budaya Lokal

Sabtu, 08 Agustus 2009
Nurudin/Biro Cirebon, Jawa Barat

Koran Buana Mandiri (KBM)—Budaya lokal adalah identitas sebuah daerah. Melalui budaya lokal daerah mudah dikenal banyak orang. Kebudayaan bisa menjadi pintu gerbang perekonomian daerah, seperti hotel, losmen, tempat wisata, dan makanan khas daerah.
“Kita harus bangga memiliki kebudayaan sendiri dan ini harus dikembangkan secara baik karena membantu peningkatan prekonomian daerah kita,” kata Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon DR. H. Wahyo, M.Pd.
Dia mengundang Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kota Cirebon untuk bekerja sama menggebyarkan kebudayaan dan pariwisata daerah pada momentum kelahiran organisasi ini sekaligus menyambut HUT RI 17 Agustus 2009. Yang akan ditampilkan di antaranya lomba nyanyi dan joget tembang-tembang Jawa (Cirebonan), dan berbagai permainan tempo dulu seperti tokle dan selodor.
Hal senada diungkapkan Kabid Pemuda dan Olahraga Drs. H. Agus Muharam. Dengan menggebyarkan olahraga dan pariwisata akan membuat prestasi tersendiri bagi daerah. Memasarkan olahraga melalui peninggalan kebudayaan sangat unik dan menarik. Ini potensi yang harus terus digali dan ditampilkan.
Ketua DPD KNPI Kota Cirebon Drs. Erwin Josandi mengungkapkan, serangkaian acara gebyar budaya merupakan wujud kepedulian terhadap dinamika pariwisata dan budaya Kota Cirebon. *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar