29 Juni 2010

Pemda Harus Sinergis dengan Organisasi Kepemudaan

Rizal Syaiful Iman, Sekjen DPD KNPI
CIREBON, (MC)- Pemuda sebagai penerus masa depan bangsa, sudah semestinya mendapatkan perhatian lebih dari berbagi kalangan, terutama perhatian dari pemerintah daerah (pemda). Wujud perhatian pemerintah itu, dapat diimplementasikan melalui program-program pemerintah yang ber sinergi dengan organisasi kepemudaan.

Rizal Syaiful Iman, Sekjen DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Cirebon yang ditemui MonitorCirebon dirumahnya di jalan Wahidin, Sukasari, Cirebon, jumat (11/9) mengatakan, guna mewujudkan masa depan bangsa yang lebih baik, maka sudah menjadi kewajiban pemerintah melakukan pemberdayaan terhadap kaum muda dengan melakukan kemitraan antara pemerintah dengan kantong-kantong kepemudaan.

“seperti kita ketahui bersama, persoalan pemuda sekarang ini semakin komplek. Mulai dari meningkatnya angka pengangguran usia produktif, kenakalan remaja yang berimbas pada ketertiban masyarakat, hingga penggunaan narkoba. Hal itu bukan saja menjadi tanggungjawab sekolah atau keluarganya, akan tetapi organisasi kepemudaan seperti KNPI ini sangat peduli terhadap itu”, terang Rizal.

Pemerintah dalam hal ini pemerintah Kota Cirebon, kedepan diminta untuk lebih meningkatkan kerjasamanya. “Bukan hanya dengan KNPI saja, tapi kalau memang di Kota Cirebon ini terdapat organisasi kepemudaan lain yang belum tergabung dengan KNPI juga harus didukung pemerintah kota agar mereka dapat menjalankan program pemberdayaan dan pendampingan dengan maksimal”, imbuhnya.

Rizal juga berharap pada Pemerintah Kota Cirebon agar lebih meningkatkan kerjasama dalam hal pemeberdayan pemuda. “saya juga berharap agar Pemkot dan KNPI mampu berjalan sinergis dalam mengawal program-program kepemudaan, baik program itu adalah program pemerintah ataupun program internal KNPI”, katanya.

Dikatakan pula, selain menjalankan agenda pemberdayaan, DPD KNPI Kota Cirebon, juga menjalankan program advokasi hukum pada masyarakat yang membutuhkan.

Disinggung mengenai sikap politik organisasi KNPI, Rizal mengaku menolak jika KNPI hijrah ke dunia politik praktis. Pasalnya, menurut Rizal KNPI adalah organisasi profesional yang intens dalam mendayagunakan potensi kepemudaan, dan bukan organisasi underbow sebuah partai politik .

“KNPI itu wadah organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP), yang bertekad membangun bangsa dan pemuda melalui pendayagunaan secara lokal”, sambungnya

Lebih lanjut kata Rizal, selama KNPI berusaha menjembatani para pemuda yang belum memiliki pekerjaan dengan beberapa agen tenaga kerja maupun perusahaan, dengan cara tersebut, KNPI akan lebih bermanfaat bagi pemuda.

Masih kata Rizal, kerja-kerja pemberdayaan pada tingkatan pelajar, KNPI sudah berkali-kali memediasi dan memfasilitasi para pelajar agar energinya dapat dimanfaatkan pada hal-hal yang positif, salah satunya yakni membuat kegiatan – kegiatan yang dapat mendorong para pelajar agar berkreasi, baik kreasi seni, budaya dan yang lainya. (hum)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar